Fast moving consumer goods (FMCG) merupakan barang-barang “non-durable” yang diperlukan untuk kebutuhan sehari-hari. Konsumen biasanya membeli produk kategori ini minimal sebulan sekali.
FMCG dapat dikelompokkan dalam tiga kategori produk, yaitu: (1) perawatan pribadi (personal care) seperti pasta gigi, shampoo, kosmetik, parfum,dll. (2) Perlengkapan rumah tangga (household care) seperti sabun cuci, pembasmi serangga,dll. (3) makanan dan minuman (food and beverages) misalnya seperti minuman ringan, teh, kopi, sayuran, dsb.
Secara umum, di setiap negara, termasuk Indonesia, FMCG dan bahan makanan segar masih menjadi pengeluaran terbesar bagi kebutuhan rumah tangga. Tentu potensi ini sangat menguntungkan dunia bisnis consumer goods, jika suatu perusahaan dapat menyalurkan produknya dengan baik ke seluruh wilayah Indonesia.
Potensi yang besar tersebut akan sia-sia jika sebuah perusahaan consumer goods tidak mampu mendistribusikan dengan baik.
Termasuk akibat kendala keterbatasan armada dan pengetahuan mengenai distribusi di wilayah Indonesia yang akhirnya menahan laju pertumbuhan distribusi produk.
Oleh sebab itu, setiap perusahaan consumer goods membutuhkan kepiawaian distributor FMCG yang handal dan tepercaya.